Tips Pilih Susu Formula Terbaik untuk Buah Hati

ASI atau Air Susu Ibu menjadi pilihan yang terbaik bagi buah hati karena memiliki berbagai macam nutrisi. Sayangnya, tidak semua ibu dapat memberikan ASI untuk buah hatinya, sehingga ibu harus mencari susu formula terbaik untuk si kecil.

Tentu saja memilih susu formula yang baik untuk bayi bukan menjadi hal yang mudah. Ada berbagai macam hal yang harus dijadikan sebagai perhatian. Hal ini disebabkan karena bayi baru lahir hanya boleh diberi susu saja.

Sedangkan, mereka juga tidak dapat sembarangan diberi susu formula karena tubuhnya belum dapat mencerna makanan secara sempurna.

Tips Pilih Susu Formula Terbaik

Untuk memilih susu terbaik untuk bayi, Anda dapat melakukan pertimbangan sebelum memutuskan memilih salah satu diantara berbagai merek di pasaran. Berikut beberapa tipsnya:

Cermati kondisi bayi

Jika bayi mempunyai kondisi kesehatan khusus serta harus menjadi perhatian contohnya seperti bayi premature atau memiliki berat badan lahir yang rendah, ia memerlukan susu formula khusus.

Contohnya, susu formula yang bagus untuk bayi dengan kelahiran premature harus memiliki kandungan kalori serta mineral ekstra agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkannya.

Oleh sebab itu, bila bayi mempunyai kondisi khusus, ibu harus melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter sehingga memperoleh tips yang tepat untuk memilih susu formula.

Memperhatikan kandungan susu

Pada dasarnya, semua susu formula yang berada di pasaran sangat baik serta memiliki nutrisi yang cukup. Anda dapat menjadikan susu formula sebagai sumber nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak serta vitamin yang sangat baik bagi pertumbuhannya.

Tetapi, susu yang bagus juga harus memiliki kandungan beberapa senyawa lain, contohnya seperti ARA atau asam arakidonat serta DHA atau docosahexaenoic acid. Senyawa tersebut termasuk dalam lemak tak jenuh ganda yang memiliki manfaat untuk perkembangan otak, mata dan sistem saraf.

Bukan hanya itu, susu yang bagus juga harus memiliki kandungan prebiotic. Susu dengan kandungan FOS atau frukto-oligosaccharides serta GOS atau galacto-oligosaccharides diyakini dapat mendorong perkembangan bakteri baik dalam sistem pencernaannya serta memperkuat sistem kekebalan tubuhnya.

Pilih jenis susu

Ada berbagai macam jenis susu yang bagus serta memiliki kandungan berbeda-beda. Anda dapat melihat jika terdapat produk susu yang menggunakan whey protein atau menggunakan casein bahkan gabungan antara keduanya.

Untuk bayi dengan usia dibawah 1 tahun, susu formula yang bagus adalah susu yang menggunakan whey protein karena protein tersebut jauh lebih mudah dicerna.

Tetapi, bila bayi tidak dapat mengkonsumsi susu karena intoleransi laktosa, susu yang bagus adalah jenis susu yang dibuat dari soya atau kacang kedelai. Produk ini banyak tersedia meskipun memiliki harga yang lebih mahal.

Setelah memilih salah satu susu formula terbaik, Anda bisa mencoba memberikannya susu serta memastikan jika tidak terdapat efek samping yang negative sesudah pemberian susu formula.