Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melakukan Covid Test Surabaya

Saat ini pemerintah di berbagai daerah tengah bersiap menyambut “new normal” setelah beberapa bulan melakukan karantina wilayah akibat pandemik Covid-19 yang belum ditemukan vaksinnya. Walaupun penerapan ini disambut dengan baik oleh beberapa pihak tapi tampaknya masyarakat terutama yang berada di Jawa Timur harus lebih waspada dalam menyambut “new normal”.

Pasalnya, menurut data dari pemerintah pusat, Surabaya menjadi daerah dengan jumlah pasien positif lebih dari 2.000 jiwa. Berdasarkan data hasil Covid Test Surabaya beberapa waktu lalu, Surabaya bahkan masih mencatatkan tambahan pasien positif baru sebanyak 296 orang. Hal ini tentu patut diwaspadai mengingat kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia sehingga kemungkinan terjadinya penyebaran yang lebih besar bisa saja terjadi.

Sebagai salah satu upaya pencegahan, beberapa pihak layanan transportasi seperti kereta api dan maskapai penerbangan mengetatkan aturan keberangkatan dengan meminta surat keterangan bebas Covid-19 dari berbagai rumah sakit. Bila Anda berada di Surabaya, maka Anda cukup beruntung karena terdapat beberapa rumah sakit yang menyediakan rapid test. Namun, sebelum Anda berniat menjalankan rapid test tersebut ada beberapa hal yang perlu dipahami lebih dulu agar tidak menimbulkan kesalahan di kemudian hari.

1. Terdapat layanan rapid test drive thru di Surabaya.

Layanan ini memungkinkan Anda melakukan pemeriksaan tanpa perlu keluar dari kendaraan. Hal ini jelas lebih aman karena Anda bisa meminimalisir kontak dengan orang lain. Selain layanan drive thru, terdapat juga beberapa rumah sakit yang menyediakan layanan tes lebih lengkap bagi yang membutuhkan.

Jika Anda menginginkan rapid test secara gratis, biasanya pemerintah Surabaya rutin melakukannya. Namun sayangnya belum ada jadwal pasti kapan tes massal tersebut akan dilakukan lagi. Anda perlu rajin mencari informasi atau segara langsung menghubungi petugas setempat.

2. Melakukan rapid test di rumah sakit

Jika Anda berpikir melakukan pengecekan di rumah sakit tidak akan dipungut biaya maka Anda salah besar. Faktanya kebanyakan rumah sakit yang menyediakan rapid test adalah rumah sakit swasta yang tentu saja membutuhkan biaya yang cukup mahal. Di berbagai rumah sakit yang menyediakan rapid test pun harganya bervariasi tergantung jenisnya.

Untuk tes paling murah adalah rapid test drive thru yang rata-rata dipatok dengan harga 300-400 ribu rupiah per orang. Untuk tes PCR bahkan lebih mahal lagi, rata-rata layanan ini dikenakan tarif 2 juta rupiah per orang sedangkan yang paling mahal adalah tes swab yang dibanderol dengan harga 4,5 juta rupiah per orang.

3. Pahami perbedaan antara rapid test dan PCR swab test

Sebelum melakukan tes Anda harus memahami dulu perbedaan di antara kedua jenis tes tersebut. rapid test digunakan untuk menyeleksi awal orang-orang yang diduga terpapar Corona. Jenis tes ini tidak dapat menyebutkan secara pasti apakah seseorang terkena Covid-19 atau tidak. Jika Anda terbukti reaktif pada rapid test maka Anda perlu melakukan tes lagi untuk membuktikan apakah Anda menderita Covid-19 atau tidak.

Tes inilah yang dikenal dengan PCR test. Pada tes ini Anda akan diambil sampelnya (swab) melalui mulut atau hidung kemudian sampel tersebut diuji menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Pada tes inilah hasil sampel Anda bisa dibuktikan secara akurat positif terkena Covid-19 atau tidak.

4. Mencari info Covid Test melalui aplikasi Halodoc

Jika Anda enggan keluar rumah dan bingung mencari info mengenai Covid Test di Surabaya, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Halodoc. Aplikasi ini sangat berguna bagi Anda yang ingin mendeteksi secara dini penyakit Covid. Ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab untuk mengetaui apakah Anda bergejala Covid atau tidak. Jika Anda ingin memastikan, Anda juga bisa menjadwalkan test dengan dokter pilihan yang ada di aplikasi Halodoc. Sangat mudah.

Beberapa poin di atas merupakan hal yang perlu Anda tahu sebelum melakukan covid test Surabaya. Ada baiknya jika Anda melakukan rapid test di rumah sakit jika memiliki tanda-tanda terinfeksi Covid-19 ditambah lagi Anda sering berada di luar rumah. Walaupun harganya cukup mahal tapi kesehatan Anda merupakan hal yang utama. Lebih baik menganggarkan biaya pemeriksaan dibanding mengambil risiko bertambah parah serta kesulitan mendapatkan bantuan.