Keuntungan Punya NPWP bagi Sebuah Bisnis

Mengingat saat ini daftar NPWP online sudah bisa dilakukan dengan mudah, maka rasanya sayang sekali jika Anda tidak memanfaatkannya. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda rasakan jika mempunyai NPWP.

Apalagi saat ini mendaftar NPWP juga tidak terlalu sulit. Mau tahu apa saja keuntungan mempunyai NPWP dan apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar NPWP secara online? Cari tahu jawabannya yuk, di bawah ini.

Keuntungan Punya NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah nomor pemrosesan pajak yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk memastikan bahwa seorang pebisnis membayar pajak. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan mempunyai NPWP, di antaranya adalah :

1. Memungkinkan Anda untuk membuka rekening bank bisnis

Banyak bank akan meminta NPWP untuk memudahkan pelaku bisnis membuka rekening bank bisnis. Beberapa bank dapat membiarkan pemilik tunggal membuka akun menggunakan KTP saja, tetapi beberapa meminta NPWP untuk semua jenis entitas bisnis.

2. Membantu membangun kredit bisnis

Dengan NPWP, bisnis dapat mengajukan kredit bisnis atau pinjaman. Anda yang membutuhkan tambahan modal usaha akan semakin dipermudah ketika mengajukan pinjaman bisnis.

3. Meningkatkan kredibilitas bisnis

Terkadang, para pebisnis akan mengakui profesionalitas sebuah bisnis jika mempunyai sebuah NPWP. Anda akan dipandang sebagai pemilik bisnis yang serius jika mempunyai NPWP. Klien potensial dapat menganggap Anda lebih kredibel jika mempunyai NPWP ini.

Syarat Daftar NPWP Online

Lalu apa saja sih syarat yang perlu dimiliki untuk mendaftarkan sebuah NPWP itu sendiri?

Anda yang sedang tidak mempunyai usaha, maka syarat yang diperlukan hanyalah Kartu identitas Penduduk (KTP) untuk Anda Warga Negara Indonesia (WNI). Sementara bagi yang non WNI, maka Anda membutuhkan paspor dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

Sementara bagi yang sedang menjalankan sebuah usaha, maka syarat NPWP yang harus dimiliki adalah KTP bagi WNI. Bagi non WNI, bisa menggunakan paspor dan KITAS/KITAP.

Selain KTP, maka tidak lupa juga untuk memiliki dokumen yang berisikan izin kegiatan usaha. Dokumen ini harus dikeluarkan oleh instansi yang berwenang. Jika tidak bisa, maka gunakan Surat Keterangan yang berisikan izin kegiatan usaha yang dikeluarkan oleh Lurah atau Kepala Desa.

Jika persyaratan daftar NPWP online sudah ada di tangan, maka Anda akan menjadi lebih mudah memiliki NPWP. Anda hanya perlu membuka situs ereg.pajak.go.id dan lakukan pengisian berbagai dokumen yang diminta.

Jangan lupa, jika sudah mempunyai NPWP, maka Anda harus taat dalam membayar pajak. Untuk membayar pajak, maka Anda harus mempunyai catatan keuangan bisnis yang baik. Jika catatan keuangan Anda hancur dan berantakan, maka siap-siap saja laporan pajak Anda menjadi kacau ke depannya.