Cara Memilih Genset

Mengandalkan listrik dari PLN tentu bukan menjadi solusi utama. Terkadang, aliran listrik dari PLN terputus karena gangguan teknis. Pemadaman listrik tidak terduga bisa menghambat pekerjaan. Listrik mati bisa mengganggu operasional kegiatan di rumah. Generator listrik bisa menjadi pilihan saat terjadi pemadaman listrik di kota-kota besar.

Namun, dalam membeli genset juga butuh perhatian khusus agar tidak salah beli. Lalu, bagaimana cara memilih genset untuk rumah tangga? Berikut ini adalah caranya.

1. Tentukan kebutuhan listrik

Memahami kebutuhan listrik di rumah merupakan hal penting untuk dilakukan. Mengingat, generator memiliki kapasitas daya yang wajib sesuai dengan kebutuhan listrik di rumah. Kalau tidak, maka akan terjadi kerusakan atau korsleting. Kamu bisa memulai dengan membuat list daya (watt) dari alat-alat elektronik rumah tangga kamu, seperti lampu, pompa air, AC, televisi, dan sebagainya.

2. Kenali kebutuhan genset

Sama seperti produk elektronik yang lain, genset pun memiliki beberapa macam. Kamu butuh mengenalinya satu per satu, supaya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas listrik di rumahmu.
Ada dua tipe genset yang biasa digunakan di rumah tangga, yakni standby genset (dipasang secara permanen dan otomatis hidup ketika listrik padam) dan portable genset (bisa dipakai di mana-mana tetapi suara bising).

3. Kenali merk dan tipe genset

Sama halnya ketika kamu ingin membeli ponsel, mengenali merk dan tipe tentu menjadi hal yang mutlak dilakukan di awal. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan pembelian, misalkan tidak sesuai budget dan kebutuhan.
Ada banyak merk dan tipe genset yang terbukti bagus, kamu bisa mencari ulasan di internet, bandingkan dari segi keamanan, garansi, dan bahan bakar serta polusi yang dihasilkan.

4. Sesuaikan dengan daya listrik

Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, kamu wajib membuat daftar kebutuhan listrik mulai dari daya (watt) yang dibutuhkan. Kalau sudah, hitung semua kebutuhan dan cocokkan dengan daya yang ada di rumahmu. Kemudian, beli lah genset dengan kapasitas daya yang sesuai dan tidak melebihi kapasitas daya listrik rumah kamu. Kapasitas daya genset biasanya 500 watt, 1000 watt, hingga 1200 watt.

5. Bandingkan harga dan kualitas genset

Sama seperti membeli produk elektronik lainnya, kamu harus memerhatikan betul harga dan kualitas genset. Hal yang paling penting adalah menyesuaikan kapasitas daya genset dengan kebutuhan listrik di rumah. Membeli genset murah dan berkualitas, memang tak mudah. Kamu butuh melakukan survei di beberapa toko elektronik, membandingkan ulasan pelanggan, hingga rating yang diberikan.

Jika belum bisa membeli genset kamu juga bisa memutuskan untuk menyewanya. Selain mencari tempat Rental genset murah pastikan kamu menyewa ditempat penyewaan yang memiliki tim ahli dan juga memiliki genset yang berkualitas, seperti di sewatama yang memiliki genset-genset berkualitas dan tentunya Sumberdaya sewatama yang professional.