Tips Membuat Bekal Makanan Anak Agar Lebih Menarik

Tips Membuat Bekal Makanan Anak Agar Lebih Menarik

Beberapa anak kecil memang sering sekali susah untuk makan. Mereka hanya mau makan makanan yang mereka inginkan dan biasanya anak yang susah makan ini suka sekali dengan makanan yang gurih dan terkadang mengandung MSG. Tapi tidak semua anak yang susah makan murni tidak suka makan. Ada kalanya makanan yang dihidangkan mungkin tidak menarik meski rasanya enak.

makanan

Apalagi anak-anak memang suka sekali dengan makanan yang memiliki bentuk menarik. Bunda dapat mencoba membuat bekal makanan si kecil terlihat menarik dengan beberapa tips berikut.

Perhatikan Keseimbangan Menu

Hal pertama yang harus Bunda perhatikan saat membawakan bekal untuk si kecil adalah mengenaik keseimbangan komposisi makanan yang Bunda bawakan. Pada bekal sekolah anak, Bunda dapat memberikan makanan berupa kabohidrat, protein, serat yang dapat Bunda kreasikan. Contohnya seperti menu makan siang, nasi goreng dengan lauk telur ceplok, salad sayuran dan satu buah-buahan yang masih segar. Bunda juga dapat mengubah buah menjadi bentuk puding agar lebih mudah dimakan.

Buatlah Bentuk yang Menarik

Belakangan ini banyak sekali peralatan dapur unik yang dapat mempermudah Bunda dalam berkreasi membuat bekal makanan yang menarik. Atau lebih dikenal dengan Bento. Banyak sekali cetakan bento yang mudah digunakan untuk mencetak nasi, telur mau pun makanan lainnya. Bunda dapat mengkreasikan menu makanan seperti biasanya dengan menggunakan cetakan bento.

Perhatikan Variasi Rasa

Memakan makanan yang hanya memiliki satu rasa pasti akan sangat membosankan. Bunda harus membuat menu makanan agar seimbang dengan memadukan rasa asin dan manis. Jika makanan utamanya sudah dominan rasa asin maka Bunda harus memberikan makanan pencuci mulut yang memiliki rasa manis. Dan minuman yang rasanya netral seperti air putih. Sehingga si kecil tidak merasa bosan dengan bekal makanan yang dibawakan Bunda.

Buat Menu yang Berbeda Tiap Hari

Menu yang sama setiap harinya tentu akan membuat si kecil merasa bosan dengan makanan yang Bunda bawakan. Sehingga sangat penting bagi Bunda menyusun menu makanan untuk bekal si kecil setiap hari agar si kecil tidak bosan. Usahakan juga untuk memberikan variasi berbeda untuk sumber karbohidratnya. Misalkan jika Bunda hari ini sudah membawakan makanan berupa nasi, besoknya Bunda dapat membawakan makanan seperti mi yang sudah diolah menjadi omelet yang ditambahkan dengan udang atau daging ayam. Dan sebagai pelengkapnya bisa ditambahkan salad sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *