Tip Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan

Kamu ingin menjadi orang yang cerdas? Tentu saja, semua orang ingin menjadi orang yang cerdas. Namun, kecerdasan tidaklah didapat dengan tidak melakukan apa-apa. Memang ada orang yang ditakdirkan sudah cerdas dari kecil. Tapi tetap saja perlu diasah agar kecerdasan itu lebih tajam lagi.

rubik

Kecerdasan sangat erat kaitannya dengan daya ingat. Orang yang cerdas memiliki daya ingat yang tajam. Orang yang cerdas tidak mudah lupa dengan apa yang dia alami dan dia pelajari. Tingkat ketajaman daya ingat ini setiap orang beda-beda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi ketajaman daya ingat seseorang.

Faktor Keturunan

Faktor yang pertama adalah faktor keturunan. Berbahagialah jika ternyata kamu dilahirkan dari keluarga yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Tidak semua orang dilahirkan memiliki kecerdasan yang tinggi. Ciri-ciri anak yang cerdas karena faktor keturunan ialah dia dapat menghafal sesuatu dengan sangat cepat dibandingkan anak lainnya. Selain itu hampir sangat jarang mengalami lupa.

Faktor Lingkungan

Selain faktor keturunan, ada lagi faktor lainnya yang mempengaruhi kecerdasan seseorang. Lingkungan sangatlah berpengaruh pada kecerdasan seseorang. Seperti yang kita semua ketahui bagaimana kehebatan Musa sang hafiz cilik yang dapat menghafalkan al-Quran saat masih berumur 5 tahun. Nah, Musa ini adalah salah satu contoh kecerdasan yang didapat dengan faktor lingkungan. Perjuangan kedua orang tuanyalah yang membentuk Musa menjadi anak cerdas sehingga bisa menghafal al-Quran 30 juz.

Faktor Kematangan

Faktor kematangan seseorang juga sangat mempengaruhi kecerdasan yang dimiliki. Kematangan di sini tidak terikat oleh umur, meskipun rata-rata kematangan ini dikaitkan dengan umur. Misalnya anak TK tidak akan bisa menyelesaikan soal anak SMA karena memang ada tahap-tahap yang harus dilalui oleh otak. Namun, terkadang orang yang lebih tua belum tentu lebih matang dari yang lebih muda. Tingkat kematangan lebih disebabkan oleh pengalaman hidup yang ia dapatkan selama ini. Misalkan orang yang sering mendapatkan masalah, ia akan lebih mudah menghadapi masalah yang lebih berat dari sebelumnya. Karena solusi dari masalah yang sedang dihadapi terkadang berasal dari masalah-masalah yang dihadapi sebelumnya.

Dari faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan di atas, maka kita bisa memperoleh tip meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Apa saja tipnya?

Tip Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan

Untuk mendapatkan kecerdasan dari faktor keturunan, maka yang harus dilakukan adalah mencari pasangan hidup yang cerdas. Kecerdasan anak sangat tergantung dari kecerdasan ibunya. Untuk itu jika kamu seorang lelaki, maka carilah wanita yang cerdas untuk dijadikan istri. Ingat, cerdas di sini adalah dalam segala aspek; aspek intelektual, emosi, dan spiritualnya. Selain itu, dalam proses hamil, pastikan sang istri mengkonsumsi makanan yang bergizi dan asam folat untuk kecerdasan bayi yang sedang ada di dalam kandungan.

Beberapa makanan yang dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan adalah: ikan salmon, telur, selai kacang, gandum, oat, buah berry, kacang-kacangan, wortel, bayam, ubi jalar, tomat, daging sapi tanpa lemak, susu, yoghurt, dan lain-lain. Kamu bisa memilih makanan penambah daya ingat dan kecerdasan yang kamu suka dan mudah didapatkan di toko atau pasar terdekat.

Selanjutnya untuk mendapatkan daya ingat yang tajam dan kecerdasan dari faktor lingkungan, kamu harus mempersiapkan keluarga yang kondusif. Keluarga yang membangun anak-anakmu menjadi anak yang memiliki ketajaman daya ingat dan kecerdasan yang luar biasa. Caranya? Kamu harus membuat jadwal kegiatan apa saja yang akan kamu berikan pada anakmu. Kamu juga harus mempertimbangkan dengan siapa dia bermain. Jangan sampai bermain dengan anak yang kurang peduli dengan belajar.

Setelah keduanya sudah kamu upayakan. Maka selanjutnya berilah dia kebebasan dalam faktor kematangan. Setiap anak memiliki kematangan yang berbeda, jangan dipaksa untuk melakukan apa yang kita mau dan targetkan. Tugas kita adalah mengarahkan.

Itulah tip meningkatkan daya ingat dan kecerdasan pada anak. Namun, kamu bisa mempraktikkannya untuk dirimu sendiri (bagi yang sudah dewasa).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *