Surfing untuk Pemula, Ini Panduan Memilih Papan Selancar yang Tepat

Surfing untuk Pemula, Ini Panduan Memilih Papan Selancar yang Tepat

Ada banyak jenis olahraga yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, tanpa Anda harus merasa itu adalah olahraga yang berat. Seperti diantaranya adalah surfing atau yang dikenal sebagai berselancar. Indonesia sendiri tergolong sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak sekali pantai yang dipenuhi dengan ombak. Beberapa diantaranya tergolong ombak yang rendah atau aman untuk dipakai berselancar. Bahkan banyak diantara turis atau wisatawan asing yang jauh-jauh datang ke dalam negeri, hanya untuk mencoba olahraga selancar disini.

surfer

Bagi orang yang masih awam, selancar ini tentunya bukan hal yang mudah untuk dilakukan, mengingat mereka harus berusaha menjaga keseimbangan ketika tengah diterpa oleh sebuah ombak. Bahkan tak jarang pula olahraga laut tersebut berpotensi menyebabkan resiko seperti hanyut terbawa arus, jika memang arus laut tengah dalam kondisi yang terlalu besar, sangat berbahaya untuk digunakan. Sehingga latihan menjadi hal awal yang penting untuk dilakukan, agar selancar bisa jadi lebih aman nantinya.

Penting juga bagi Anda untuk menunjang sarana atau perlengkapannya, mulai dari baju kemudian juga sunblock agar tak terbakar panas matahari dan yang tak kalah penting adalah papan selancar. Ini adalah alat utama yang digunakan untuk melakukan olahraga ekstrim tersebut. Olahraga ini akan sangat ditentukan kualitasnya dari papan yang digunakan, untuk itu jangan salah dalam memilih, bagi yang masih pemula, maka berikut ini ada tips memilih papan surfing yang tepat, diantaranya adalah:

1. Ketahui pilihan bahan yang bagus

Setidaknya ada 2 jenis bahan yang umum digunakan dalam berselancar, diantaranya adalah dari fiberglass dan juga foam, untuk ketahanan sendiri fiberglass memang jauh lebih unggul, bahannya berkualitas sehingga bisa dipakai untuk waktu yang lama dibandingkan dengan foam. Namun foam juga memiliki keunggulan dari segi bobot yang ringan, sehingga cocok dipakai oleh mereka yang masih pemula.

2. Panjang dan juga ketebalan dari papan tersebut

Hal ini kenyataannya juga akan mempengaruhi kenyamanan berselancar, ketika ukurannya terlalu kecil, maka akan kesulitan dalam menjaga keseimbangan ketika sudah diterpa oleh ombak, itulah mengapa mereka yang masih pemula lebih dianjurkan untuk memilih papan dengan panjang lebih dari 3 meter dari panjang tubuh yang sebenarnya, sangat lebar, namun memberikan keuntungan tersendiri juga ketika menaikinya nanti.

3. Pertimbangan untuk menyewa

Dibandingkan dengan membeli, dalam proses belajar sendiri sebenarnya jauh lebih hemat dengan menyewa papan selancar ini, cukup banyak tempat yang memberikan tawaran tersebut, ketika nantinya sudah cukup ahli, bisa mulai membelinya sendiri, sesuai dengan keinginan.

4. Pilih yang baru atau bekas bukan masalah

Kenyataannya selain penjualan papan selancar dalam kondisi yang baru, maka sebenarnya ada sangat banyak yang menjualnya dalam kondisi bekas. Bukan masalah jika ingin membeli, namun Anda harus lebih selektif dalam menjatuhkan pilihan. Harga yang ditawarkan untuk papan selancar bekas ini juga jauh lebih murah.

5. Pertimbangkan aksesoris tambahan pada papan tersebut

Aksesoris yang bukan sekedar dipakai untuk memperindah tampilannya, melainkan juga menunjang keamanan pemakainya. Bagi pemula biasanya mereka lebih cepat turun dari papan karena kondisinya yang licin, untuk itu carilah yang dilapisi dengan lilin, sehingga selancar dari lebih nyaman.

Mudah bukan, surfing menjadi salah satu jenis olahraga yang memang sangat menyenangkan untuk dilakukan, sehingga patut untuk mempertimbangkan sarana yang tepat juga, karena akan sangat mempengaruhi keamanan peselancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *