Prosedur dan Cara Tes Alergi

Prosedur dan Cara Tes Alergi

Bila Anda mengalami berbagai reaksi pada tubuh yang menandakan alergi, tentunya Anda akan langsung terpikirkan untuk melakukan berbagai prosedur dan cara tes alergi untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. Tes alergi ini dilakukan memang dalam rangka untuk memeriksa kondisi tubuh Anda yang dilakukan dengan tujuan menentukan zat apa yang menyebabkan alergi pada tubuh. Akan tetapi tentu saja tes alergi ini perlu dilakukan dengan cara dan prosedur yang tepat sehingga Anda bisa mendapatkan data yang valid.

Tentu saja masing-masing memiliki prosedur dan cara tes alergi yang berbeda. Umumnya memang mereka yang melakukan tes alergi ini adalah para penderita alergi berat ataupun mereka yang mengalami alergi secara berulang-ulang.
Lalu bagaimanakah prosedur dan cara tes alergi yang tepat? Perlu Anda ketahui bahwa prosedur dan cara yang tepat untuk melakukan tes alergi ini ditentukan pula oleh jenis tes alergi yang dilakukan. Dimana jenis dari tes alergi ini sejauh ini terdapat beberapa cara. Maka berikut ini adalah beberapa prosedur untuk melakukan tes alergi.

1. Skin Prick Test atau SPT

Tes dengan menggunakan Skin Prick Tes ini ialah dengan cara menusuk kulit Anda. Skin Prick Tes ini dilakukan untuk mengetahui berbagai alergi yang terjadi akibat makanan maupun terhadap alergen yang dihirup. Alergi terhadap makanan yang sering terjadi ialah alergi makanan seafood, susu, dan lain sebagainya. Kemudian alergi terhadap alergen yang dihirup ini contohnya seperti alergi terhadap tungau, debu, serbuk bunga, dan lain-lain. Pasien yang boleh melakukan tes ini ialah pasien pada usia minimal 3 tahun dalam keadaan sehat dan tidak sedang minum obat apalagi obat yang mengandung antihistamin dalamn waktu skitar 7 hari. Umumnya tes ini dilakukan pada bagian kulit lengan bawah pada bagian dalam. Dimana kulit akan diberikan alat alergen dengan cara diteteskan. Kemudian nantinya Anda akan ditusuk dengan jarum khusus sehingga tidak akan menyebabkan luka ataupun mengeluarkan darah. Proses ini juga tidak menimbulkan rasa sakit. Nantinya hasil tes akan keluar dalam jangka waktu sekitar 15 menit dengan interpretasi dokter yang berpengalaman.

2. Patch Test

Tes ini dilakukan dengan menempelkan alat khusus untuk mengetahui kondisi yang terjadi. Patch Tes ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui alergi yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia. Untuk melakukan tes alergi ini, pasien harus berada dalam usia 3 tahun atau lebih. Sebelum melakukan tes ini pastikan Anda tidak melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat atau mandi termasuk tidak diperkenankan mendapatkan berbagai obat oles. Patch tes ini dilakukan pada kulit punggung dengan cara memberikan punggung bahan kimia yang disebut finn chamber. Setelah diolesi finn chamber maka dalam waktu 48 jam Anda tidak boleh terlalu banyak bergerak agar hasil yang didapatkan bisa lebih tepat. Nantinya punggung Anda akan tumbul bercak kemerahan bila Anda positif mengalami alergi.

3. Radio Allergo Sorbent Test atau RAST

Tes ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui alergi yang terjadi terhadap alergen makanan dan juga alergen hirup.tes dengan cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja pada umur berapa saja karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia tertentu. Tes ini dilakukan dengan menggunakan serum darah Anda yang diambil sekitar 2cc, lalu dilakukan proses secara komputerisasi dan hasil dari tes tersebut bisa diketehui setelah proses usai sekitar 4 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *