Mengenal dan Memilih Karkas Ayam Kualitas Unggul

Mengenal dan Memilih Karkas Ayam Kualitas Unggul

Ciri Karkas Ayam Kualitas Unggul

Mengenali karkas ayam atau ayam buntung berkualitas bisa dibilang gampang-gampang susah. Namun, hal ini menjadi kebutuhan penting. Tentu sebagai konsumen Anda tidak ingin membahayakan kesehatan Anda dan keluarga dengan mengonsumsi daging ayam rendah gizi atau berbahaya bukan?

Sebelumnya, mungkin sudah menjadi hal biasa bagi Anda mengonsumsi daging ayam. Tetapi tidak dipungkiri belum semua orang bisa membedakan daging ayam karkas seperti apa yang termasuk dalam kriteria baik dan layak dipilih. Sebenarnya ada sejumlah ciri daging ayam karkas mutu unggulan yang bisa Anda kenali. Seperti keadaan tubuh, kulit, perlemakan dan lainnya. Agar tidak salah pilih, berikut beberapa ciri ayam karkas unggulan:

Keadaan Tubuh

Karkas ayam yang sehat dan berkualitas memiliki bentuk tubuh padat atau kompak. Dimana beberaga bagian seperti dada, betis, paha, dan sayap memiliki daging tebal. Untuk besar daging dada ayam karkas bisa diketahui hanya dengan mengukur panjang tulangnya. Dimana semakin panjang tulang dada ayam karkas, artinya semakin banyak pula daging yang bisa Anda dapat.

Keadaan Kulit

Untuk bagian kulit tidak harus dalam kondisi utuh. Adapun yang terpenting pada bagian kulit tidak ditemukan memar, luka, bekas luka, atau penebalan. Ayam karkas berkualitas yang baik Anda pilih yaitu yang memiliki kulit berwarna putih atau sedikit kekuningan. Sebaiknya Anda juga jeli mengamati ada tidaknya bulu-bulu jarum pada kulit ayam. Hal ini penting mengingat adanya risiko mikroba bersarang pada bulu karkas ayam yang belum tercabut.

Jika memang Anda menemukan memar pada kulit, perhatikan kondisi memar tersebut. Memar berwarna kebiruan bisa mengindikasikan adanya benturan yang dialami ayam karkas. Memar pada daging ayam buntung tersebut mempengaruhi daya tahan daging. Dimana daya tahan akan lebih rendah dan rentan terhadap serangan mikroba atau mirkoorganisme lain. Dengan demikian daging karkas ayam relatif tidak awet dan gampang membusuk.

Perlemakan

Untuk perlemakan, ayam karkas mutu unggulan memiliki perlemakan yang menyebar merata di bawah kulitnya. Perlemakan tersebut menutup seluruh bagian ayam karkas. Lemak ini tidak perlu dihilangkan lantaran dapat memberi kekayaan rasa gurih nan lezat. Lemak pada karkas ayam sendiri berfungsi melindungi daging agar tidak mudah kering ketika digoreng. Hal ini karena lemak menghindari agar daging tidak terkena minyak goreng secara langsung.

Kondisi Tulang

Karkas ayam dikatakan memiliki mutu bagus jika memiliki tulang yang utuh tidak patah. Termasuk pada bagian persendian tidak didapati bagian yang terlepas. Pertama kali Anda bisa mengecek di bagian persendian sayap. Karena pada bagian itulah sering didapati persendian hilang.

Mengenal dan memilih karkas ayam yang bagus adalah kebutuhan. Mengingat daging ayam akan dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh. Jika daging ayam karkas tidak segera dikonsumsi selesai dipotong dianjurkan untuk menyimpannya di lemari pendingin. Suhu lemari pendingin yang dingin dapat menghambat perkembangan mikroba. Sehingga daging ayam karkas bisa lebih awet.

Sebenarnya kerusakan pada daging juga bisa disebabkan adanya ketidak normalan pada kerja enzm di dalam daging ayam butung tersebut. Inilah mengapa dirasa perlu jeli memilih daging karkas ayam mutu unggulan. Bukan hal sulit mendapatkan ayam buntung kualitas tinggi. Karena sekarang banyak penyedia daging ayam butung berkualitas. Mengenai harga ditawarkan cukup sepadan dengan kualitas yang dijanjikan. Sekian ulasan kali ini, semoga bisa membantu Anda mendapatkan daging karkas ayam kualitas unggulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *