Menengok Progres Kampung Berseri Astra

Menengok Progres Kampung Berseri Astra

Mungkin kamu tidak asing lagi dengan Kampung Berseri Astra (KBA). Program KBA ini memang salah satu program Astra yang banyak diminati oleh masyarakat, khususnya pengusaha kecil. KBA ini bergerak di 4 bidang, yaitu: kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan.

Dengan adanya Kampung Berseri Astra ini masyarakat diharapkan menjadikan kampungnya bersih, sehat, cerdas, dan produktif. Hingga tahun 2016, Kampung Berseri Astra ini sudah mencapai jumlah 49 KBA di 17 Provinsi.

KBA Keputih Budidaya Jamur (Foto: swa.co.id)

Salah satu KBA yang sukses dan berjalan hingga saat ini adalah KBA Keputih dengan UMKM jamur, kerupuk, sari kedelai, tempe, sirup markisa, dan jahe merah. Dengan adanya KBA Keputih ini, masyarakat Keputih terlihat perubahan signifikan dalam perekonomiannya. Yang sebelumnya adalah pemulung, kini bisa digerakkan menjadi sebuah UMKM yang lebih tinggi nilai perekonomiannya.

Banyak program dilakukan dalam KBA untuk membuat masyarakat menjadi mandiri. “Bidang kesehatan dengan pembinaan posyandu dan pengobatan gratis, bidang pendidikan membangun Rumah Pintar, PAUD, donasi beasiswa, bidang lingkungan dengan pembinaan bank sampah dan program penghijauan, instalasi pengolahan air limbah dan sanitasi lingkungan, lalu bidang kewirasuhaan dengan pembentukan KUBE dan pelatihan UKM,” kata Pongki selaku Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security Astra International.

Bahkan Juli 2017 lalu, pihak Astra sudah menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Sosial untuk menyelenggarakan kesejahteraan sosial dalam rangka pemenuhan tanggung jawab badan usaha bersama program-program dari Kementerian.

Di belahan Indonesia lainnya, di Makassar Kampung Berseri Astra Rappocini ini juga terlihat berkembang. Hal ini terlihat dari lingkungan kampung dan lorong-lorong yang bersih dan bergambar serta berwarna-warni mengesankan kenyamanan. Untuk menjalankan program ini tentu saja tidak mudah. Apalagi beberapa programnya adalah mendidik masyarakat mengenai bank sampah, pendidikan usia dini, dan program Lorong yang dicanangkan oleh pemerintah Makassar. Butuh waktu tahunan, namun itu tidaklah sia-sia. Ketika kamu berkunjung ke Kampung Berseri Astra Rappocini ini kamu akan melihat perbedaannya dengan kampung-kampung lainnya di bagian Indonesia lainnya.

Dan masih banyak Kampung Berseri Astra lainnya di belahan bumi Indonesia tercinta ini yang memiliki fokus masing-masing sesuai masalah yang ada di wilayah tersebut. Misalkan masalahnya adalah problem ekonomi, maka KBA di wilayah itu akan lebih fokus pada kewirausahaan dan pemberdayaan masyarakat untuk menaikkan perekonomian. Jika masalahnya pendidikan, maka solusinya adalah hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan. Hal ini tentu saja tidak lepas dari kepedulian Astra dalam berkomitmen membangun negeri lewat Inspirasi 60 Tahun Astra dan filosofi Catur Dharmanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *