Panduan Tepat Memilih Makanan untuk Ibu Hamil Agar Janin Senantiasa Sehat

Kehamilan menjadi momen yang paling dinanti-nanti oleh pasangan yang sudah menikah. Pada ibu hamil akan mengalami perubahan fisik maupun psikis pada tubuhnya. Hal ini dikarenakan ada janin yang sedang bertumbuh kembang dalam kandungan. Agar janin bisa tumbuh kembang dengan sehat, perlu dukungan dari ibu. Ibu hamil bisa mulai mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi baik. Meskipun di awal kehamilan akan mengalami mual dan muntah-muntah, sang ibu hamil tidak boleh menyerah begitu saja. Namun harus tetap berusaha mengkonsumsi makanan bergizi dengan rutin dan teratur.

Saat hamil, jumlah makanan yang dikonsumsi akan lebih banyak dibandingkan dengan saat belum hamil. Hal ini dikarenakan ada janin yang juga perlu asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Ibu hamil tidak perlu makan dalam porsi 2x lipat dari kebiasaan. Namun tetaplah makan dalam jumlah yang wajar dengan memilih menu yang berkualitas demi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Berikut ini ada panduan makanan yang baik dikonsumsi selama kehamilan demi kesehatan antara ibu dan janin, yaitu:

1. Sayur dan buah

Merasakan kelelahan atau mudah capek sering sekali dialami oleh beberapa ibu hamil. Hal ini terjadi dikarenakan kurang asupan zat besi. Pada ibu hamil dikhawatirkan kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia. Untuk itu mengingat pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia, maka ibu hamil harus mencukupi nutrisi yang satu ini. Zat besi bisa ditemukan pada bahan makanan, berupa sayur dan buah. Untuk contohnya, seperti brokoli, bayam, tomat, wortel, apel, anggur, strawberry, jeruk, dlsb.

2. Sumber karbohidrat

Agar selama kehamilan selalu bertenaga, ibu hamil harus tercukupi kebutuhan akan karbohidratnya. Karbohidrat bisa diperoleh dari beras putih, beras merah, roti gandum, dlsb.

3. Ikan

Protein dan asam lemak Omega 3 sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk perkembangan janin, terutama untuk pembentukan otak janin.

4. Susu

Mineral dan vitamin dalam susu sangat diperlukan untuk tumbuh kembang janin, memperbaiki jaringan yang sudah rusak, pembentukan otot, serta menyalurkan oksigen ke janin. Anda juga bisa mengkonsumsi produk olahan susu, seperti yoghurt. Seperti yang kita tahu, fungsi probiotik untuk kesehatan saluran cerna bisa diperoleh dari yoghurt. Sehingga ibu hamil yang mengkonsumsi yoghurt akan terhindar dari sembelit ataupun gangguan pencernaan lainnya.