Jenis Rayap di Indonesia: Rayap Kayu Basah

Jenis Rayap di Indonesia: Rayap Kayu Basah

Hewan rayap merupakan salah satu jenis hewan yang hampir mirip dengan hewan semut. Namun, pada perbedaannya kali ini hewan rayap memiliki warna yang putih. Sehingga pada hewan ini sering sekali dijuluki sebagai semut putih. Namun, apakah Anda tahu keunikan dari hewan rayap tersebut. Mari simak penjelasan dari pembasmi rayap Jakarta. Ternyata hewan rapat tidak mampu melihat ataupun mendengar. Mungkin cukup aneh bagi kita. Rayap tak mampu melihat ataupun mendengarkan tetapi ia masih bisa membangun rumah dan juga mencari makan. Maka dari sini saya akan menjelaskan mengenai rayap tersebut. Rayap kayu basah merupakan salah satu topik yang cocok untuk kita bahas kali ini.

Rayap (sumber: Pixabay)

Kita tahu bahwa hewan rayap merupakan hewan yang suka merusak berbagai perabotan rumah apalagi yang berbahan kayu. Oleh sebab itu kita perlu tahu mengenai rayap kayu basah. Hewan rayap memang cukup mengganggu kita. Dan hal tersebut tentunya juga dapat membuat kehidupan kita menjadi tidak aman. Hewan rayap ini sama seperti halnya hewan semut. Rayap juga hidup dalam sebuah koloni yang dipimpin oleh ratu dan juga raja rayap. Ukuran ratu dan juga raja tersebut tentunya berbeda dengan ukuran rayap yang biasannya. Ukuran untuk ratu dan juga raja rayap tentunya lebih besar sedangkan untuk ukuran rayap biasa terbilang cukup kecil. Namun, hebatnya kumpulan rayap mampu untuk merobohkan rumah bahkan sebuah gedung sekalipun. Biasanya hewan rayap selalu hidup berkelompok, sebab mereka tidak bisa bertahan hidup apabila mereka harus hidup sendiri. Pada rayap emas ini konon katanya orang beranggapan bahwa sayap yang terdapat pada rayap memiliki sercercik emas yang terdapat didalamnya. Namun, hal itu belum dapat dipastikan bahwa itu benar emas atau tidak. Namun sejauh ini belum ada yang membenarkan hal tersebut.

Itulah rayap kayu basah maka kitapun sedikit demi sedikit akan tahu mengenai hewan tersebut. Rayap biasanya membuat sarangnya dari lumpur dan dibentuk menjadi sebuah gundukan tanah yang tinggi dan juga besar. Di dalamnya dibangun sebuah kebun jamur sebagai sumber makanan mereka. Selain itu sarangnya dilengkapi dengan cerobong khusus yang fungsinya sebagai penyejuk ruangan. Rayap ammpu mengerogoti kayu hingga menyisahkan kulit kayunya saja. Oleh karena itu, sering kali kita melihat beberap ruangan didalam rumah kita terlihat kusan dan juga kotor. Ini semua karena disebabkan oleh hewan rayap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *