Cara Mencegah Ruam Akibat Popok Bayi

Cara Mencegah Ruam Akibat Popok Bayi

Setiap orang yang memiliki bayi pasti pernah mengalami hal yang sama yaitu bayi yang terkena ruam. Hal ini sangat wajar bagi kamu yang baru saja memiliki bayi. Namun, hal ini tidak boleh dibiarkan loh. Ruam popok pada bayi sebenarnya membuat bayi tidak nyaman dan sakit. Tidak jarang banyak bayi yang menangis karena mengalami ruam popok.

Beberapa hal yang membuat bayi mengalami ruam popok adalah karena terlalu lama memakai popok yang sudah terkena kencing, kulit sensitif, gesekan hingga lecet, iritasi karena tidak cocok dengan merk popok tersebut, dan sebagainya. Untuk itu, sebagai orang tua yang baik, kita harus bisa mendeteksi sejak dini mengapa bayi kita bisa terkena ruam popok.

Untuk mencegah terjadinya ruam popok ini, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

Ganti Popok Sesering Mungkin

Hemat sih boleh, tapi jangan sampai ke arah yang merugikan. Bagi orang yang tidak punya uang lebih, kebutuhan popok memang cukup menguras isi dompet. Kamu akan menjumpai beberapa orang tua yang sangat jarang mengganti popok bayinya. Jangan lakukan hal ini!

Popok memang harus sering diganti apabila bayi sudah kencing cukup banyak dan cukup lama. Jangan biarkan kulit bayimu terus-menerus kontak dengan air kencing. Hal ini bisa menyebabkan kulit ruam pada bayimu. Normalnya, untuk bayi yang baru lahir minimal ganti popok sekitar 3-5 kali dalam sehari.

Pilih Popok yang Cocok untuk Kulit Sensitif Bayimu

Tidak semua kulit bayi cocok dengan merk popok tertentu. Kamu harus benar-benar memilihkan popok bayi yang bagus untuk anakmu. Pengalaman anak pertama saya, dia tidak cocok dengan beberapa merk popok bayi yang harganya murah. Setiap kali dipakaikan popok tersebut selalu ruam. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk memakai popok yang harganya lebih mahal agar anak saya tidak ruam popok lagi.

Untuk menemukan popok yang cocok untuk bayimu, kamu bisa mencari popok bayi yang bagus di goapotik. Di GoApotik banyak sekali varian popok yang sesuai dengan bayimu dan budget per bulanmu. Kamu bisa memilihnya dengan bijak.

Hindari Penggunaan Sabun dan Tisu Basah

Pengalaman anak saya yang pertama, tidak masalah mencebokkan bayi menggunakan sabun dan tisu basah. Namun, anak saya yang ketiga tidak sama. Ketika saya pakai tisu basah saat mencebokkan bayi saya, malah menjadi penyebab ruam popok. Setelah kejadian itu, beberapa hari setelahnya saya cebokkan dengan menggunakan air saja. Dan alhamdulillah  tidak ruam lagi.

Itulah beberapa cara mencegah ruam akibat popok bayi menurut pengalaman saya pribadi. Masih banyak lagi sebenarnya cara mencegah ruam, seperti tidak memakai bedak, dengan mengoleskan krim anti-ruam, dan jagalah kebersihan tanganmu sebelum atau setelah mencebokkan bayimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *