Cara Membersihkan Botol Susu Bayi dengan Sabun Cuci Khusus

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi dengan Sabun Cuci Khusus

Pemakaian botol susu setiap hari mengakibatkan sarang bakteri dan kuman. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkannya setiap saat. Meski banyak yang mengeluh karena sering kali ada sisa lemak menempel di pinggir botol, tapi sekarang sudah ada sabun cuci pembersih botol bayi. Sehingga Anda tak kesulitan mencuci botol susu. Berikut cara membersihkan yang tepat.

Pilih Sabun yang Food Grade

Sebelum mulai membersihkan botol si kecil, Anda harus menentukan dulu sabun yang akan dipakai. Usahakan sabun tersebut food grade, yaitu yang aman untuk bayi. Kenapa? Bayi sangat sensitif dan masih rentan terhadap alergi sehingga sabun yang tepat sangat penting. Berbeda dengan sabun non-food grade seperti deterjen khusus baju bayi. Jangan salah pilih.

Kosongkan Isi Botol

Sebelum dibersihkan sebaiknya Anda sudah mengeluarkan sisa susu yang ada di dalam botol. Jangan sampai masih ada susu yang menggumpal karena akan menyulitkan dalam proses pembersihan. Susu yang menggumpal dan masih menempel di dinding botol juga dapat meningkatkan kuman.

Lepaskan Semua Bagian Botol Susu

Proses membersihkan botol susu akan lebih cepat jika Anda melepaskan antar bagiannya. Sehingga botol, dot maupun tutunya bisa bersih maksimal. Selain itu tiap bagian juga dapat terlihat jika belum bersih. Botol susu dengan kualitas bagus akan gampang dilepaskan tiap bagiannya, dan bisa dipasang kembali setelah bersih.

Gosok Perlahan dengan Sabun Cuci Khusus

Setelah mengetahui sabun yang akan digunakan, saat ini Anda hanya perlu mencampur sabun dengan sedikit air atau langsung menuangkan di atas spons pembersih. Jika sudah berbusa bisa mulai menggosok tiap bagian botol susu dengan perlahan.

Jangan terlalu keras dalam menggosok, terutama bagian dot karena bisa terjadi robek. Sebaiknya Anda juga memiliki sikat khusus yang memiliki pegangan panjang sehingga bisa menjangkau hingga bagian terdalam dari botol susu ini.

Bilas dengan Air Mengalir

Setelah semua kotoran luruh, Anda tinggal membilasnya di bawah air mengalir. Tujuannya agar kotoran langsung terbuang dan tidak bersarang dalam botol susu. Pastikan semua celah kecil terguyur air dengan baik. Gumpalan sabun yang tersisa jika tercampur dengan susu dapat menyebabkan susu mengental bahkan keracunan. Lalu keringkan botol susu dan bisa digunakan.

Anda bisa menerapkan cuci pakai selama botol susu belum berubah warna dan jika terjadi keretakan terutama pada bagian puting dot dan botolnya. Jika hal ini sudah terjadi, artinya Anda harus menggantinya dengan botol susu yang baru. Rekomendasi sabun cair bagus untuk peralatan bayi yaitu Sleek Baby, bahkan ada jenis deterjen khusus baju bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *