4 Ide Mainan Montessori yang Dapat Dibuat di Rumah

4 Ide Mainan Montessori yang Dapat Dibuat di Rumah

Bagi anak-anak bermain memang menjadi rutinitas yang tidak dapat dipisahkan. Apalagi bermain tidaklah sekedar bermain bagi anak kecil. Dengan bermain, anak-anak juga belajar mengena dirinya dan mengeksplorasi banyak hal. Tentunya sebagai orang tua sudah kita harus memantau permainan yang dimainkan oleh anak. Apalagi anak kecil belum dapat membedakan mana mainan dan yang bukan mainan.

Bunda dapat membuat permainan yang asyik di rumah bersama dengan anak di rumah. Berikut ini adalah ide mainan montessori yang dapat dibuat di rumah.

1. Play Dough Tepung

dough

Bunda pastinya familiar dengan permainan Play Dough. Sayangnya harga PlayDough asli cukup mahal dan rentan sekali untuk terbuang jika dimainkan oleh anak. Untuk menyiasatinya, Bunda dapat membuat adonan play dough sendiri dengan empat bahan saja.

Bahan:
Tepung Terigu 250 gram
Garam 4 sdm
Minyak 1sdm
Air secukupnya
Pewarna secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung dan garam, aduk hingga rata. Masukan air sedikit demi sedikit hingga adonan terbentuk lalu masukan minyak.
  2. Bagi adonan menjadi beberapa bagian lalu teteskan pewarna sesuai keinginan.

Saat Memainkan adonan ini Bunda dapat memberikan sedikit demi sedikit kepada si kecil. Sisanya dapat disimpan pada wadah tertutup dan dimasukan ke dalam lemari es. Dapat bertahan hingga satu minggu.

2. Botol Pelangi

botol pelangi
Anak-anak memang menyukai sesuatu yang menarik. Untuk membuat ketertarikannya ini menjadi terarah, Bunda dapat membuat mainan botol pelangi. Selain dapat mengenalkannya pada warna botol pelangi ini juga cantik untuk pajangan di jendela tempat bermain anak.

Bahan:
Botol Bekas
Gliter
Pewarna
Air

Cara membuat:

  1. Campurkan air, gliter dan pewarna ke dalam botol hingga tercampur merata.
  2. Tutup botol rapat-rapat. Botol pelangi siap dimainkan

Bunda dapat menggunakan botol plastik bekas minuman yang tidak banyak relief. Hindari menggunakan botol kaca karena dapat membahayakan di kecil.

3. Bermain Warna

mewarnai
Jika anak Bunda sering mencoret-coret tembok, bisa jadi sang anak kekurangan media untuk menyalurkan bakat menggambarnya. Untuk itu sebaiknya Bunda memberikannya ruang untu menggambar si kecil dengan membelikannya buku gambar dan juga cat berwarna. Jika Bunda khawatir dengan cat tersebut, Bunda dapat menggantinya dengan pewarna makanan. Bunda hanya perlu menyiapkan kertas bekas dan kuas pewarna makanan. Sambil bermain warna Bunda juga dapat mengenalkan warna pada si kecil.

4. Beras Warna

beras
Mungkin Bunda pernah mengalami saat sang anak suka sekali memasukan tangannya ke dalam beras? Ternyata kegiatan memasukan tangan ke dalam beras bisa dijadikan kegiatan sensory play loh.

Bahan:
Beras 1kg
Pewarna makanan

Cara membuat:

  1. Cuci beras hingga bersih, tiriskan.
  2. Beri beras pewarna makanan yang sesuai selera, rendam beberapa menit.
  3. Jemur beras hingga benar-benar kering.

Agar tidak berantakan Bunda dapat meletakan beras tersebut dalam wadah yang lebar sehingga beras tidak tersebar ke mana-mana. Setelah selesai bermain simpan kembali beras dalam lemari es agar bisa dimainkan selama beberapa minggu.

Itulah empat ide permainan yang dapat Bunda buat sendiri di rumah. Bunda punya ide apalagi nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *